1.Membeli Atau
Membuat Sendiri (Make Or Buy Decision)
Keputusan
membeli atau membuat sendiri dihadapi oleh manajemen terutama dalam perusahaan
yang produknya terdiri dari berbagai komponen dan yang memproduksi berbagai
jenis produk. Tidak selamanya komponen yang membentuk suatu produk harus
diproduksi sendiri oleh perusahaan, jika memang pemasok luar dapat memasok
komponen tersebut dengan harga yang lebih murah daripada biaya untuk
memproduksi sendiri komponen tersebut.
Oleh
karena itu, salah satu pemicu timbulnya pertimbangan untuk membeli atau
memproduksi sendiri adalah penawaran harga dari pemasok
luar untuk suatu komponen produk yang berada dibawah biaya produksi sendiri
komponen tersebut. Pertimbangan untuk membeli atau membuat sendiri dapat juga
timbul sebagai akibat adanya taksiran penghematan biaya jika suatu komponen
yang sebelumnya dibeli dari pemasok luar direncanakan akan dibuat sendiri oleh
perusahaan.
Keputusan
membeli atau membuat sendiri dapat dibagi menjadi dua macam:
a.
Keputusan membeli
atau membuat sendiri yang dihadapi oleh perusahaan yang sebelumnya memproduksi
sendiri produknya, kemudian mempertimbangkan akan membeli produk tersebut dari
pemasok luar.
b.
Keputusan membeli
atau membuat sendiri yang dihadapi oleh perusahaan yang sebelumnya membeli
produk tertentu dari pemasok luar, kemudian mempertimbangkan untuk memproduksi
sendiri produk tersebut.
Keputusan
membeli atau membuat sendiri tipe pertama umumnya merupakan keputusan manajemen
jangka pendek, yang tidak menyangkut investasi jangka panjang. Dua kemungkinan yang dihadapi oleh manajemen dalam
pengambilan keputusan ini:
a.
Fasilitas
yang digunakan untuk memproduksi tidak dapat dimanfaatkan jika produk
dihentikan produksinya karena manajemen memilih alternatif membeli dari luar.
Untuk pengambilan keputusan, manajemen perlu memperhitungkan pengorbanan dan
manfaat dari pemilihan alternatif membeli atau membuat sendiri. Jika perusahaan
sebelumnya membuat sendiri kemudian mempertimbangkan akan membeli dari luar,
manfaat dari pemilihan alternatif membeli dari luar adalah besarnya biaya
diferensial yang berupa biaya yang terhindarkan (avoidable cost) jika kegiatan
membuat sendiri dihentikan. Pengorbanan dari pemilihan alternatif membeli dari
luar adalah sebesar biaya diferensial yang berupa biaya yang dikeluarkan untuk
membeli produk dari pemasok luar. Jika manfaat lebih besar dari pengorbanan,
alternatif membeli dari luar lebih menguntungkan jika dipilih. Sebaliknya, jika
manfaat lebih kecil dari pengorbanan, alternatif membeli dari luar sebaiknya
tidak dipilih.
Fasilitas
yang digunakan untuk memproduksi dapat dimanfaatkan untuk usaha lain yang
mendatangkan laba, jika produk dihentikan produksinya, karena manajemen memilih
alternatif membeli dari luar. Dalam pengambilan keputusan ini, disamping
manajemen mempertimbangkan biaya diferensial, perlu pula mempertimbangkan
pendapatan diferensial sebagai hasil pemanfaatan fasilitas yang dihentikan
pemakaiannya dalam bisnis lain.
Jika perusahaan sebelumnya membuat sendiri
kemudian mempertimbangkan akan membeli dari luar, manfaat dari pemilihan
alternatif membeli dari luar adalah besarnya biaya diferensial yang berupa
biaya yang terhindarkan (avoidable cost) jika kegiatan membuat sendiri
dihentikan dan pendapatan diferensial dari pemanfaatna fasilitas dalam usaha
lain.
Pengorbanan
dari pemilihan alternatif membeli dari luar adalah sebesar biaya diferensial
yang berupa biaya yang dikeluarkan untuk membeli produk dari pemasok luar. Jika
manfaat lebih besar dari pengorbanan, alternatif membeli dari luar lebih
menguntungkan jika dipilih. Sebaliknya, jika manfaat lebih kecil dari
pengorbanan, alternatif membeli dari luar sebaiknya tidak dipilih. Berbagai
alternatif yang kemungkinan dihadapi oleh manajemen dalam pengambilan keputusan
membeli atau membuat sendiri.
1.
Berbagai alternatif yang kemungkinan dihadapi oleh
manajemen dalam pengambilan keputusan membeli atau membuat sendiri.
Gambar2.1
Baganpengambilan keputusan membeli atau
membuat sendiri.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar