Kamis, 18 Oktober 2012

Wajah Koperasi Saat Ini


(important to read!!! :) )
Sesuai dengan tujuan dari koperasi menyejahterakan para anggota nya dan harus berdasarkan keprimanusiaan , dan juga sesuai dengan ekonomi kerakyatan , namun saat ini nampaknya koperasi diindonesia semakin lama semakin surut akan keberadaan koperasi , namanya pun sudah jarang terdengar,  apakah karena SDM  yang kurang mampu untuk  mengelolanya, dan selain itu mungkin ada badan badan lain yang lebih menarik dari koperasi , baik dari segi marketing maupun dari segi produk .
Saat ini masyarakat cenderung menyukai hal yang lebih praktis, menyukai banyak pilihan, sesuai dengan pokok ekonomi yaitu manusia memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, namun alat pemuas terbatas. Dengan variatif yang diberikan oleh pihak perusahaan kepada masyarakat, ini akan membuat masyarakat tertarik kepada variasi tawaran yang mereka berikan.
Sedangkan untuk koperasi sendiri , mungkin tidak semenarik yang lainnya contohnya seperti : indomart, alfamart , mini market , lawson dan lain-lainnnya. bahkan kebanyakan dari anak muda saat ini belum mengetahui seperti apakah sebenarnya koperasi itu. Produk apasaja kah yang ada dalam koperasi tersebut. Dan ada juga koperasi simpan pinjam , apakah ini sejenis bank, namun dalam lingkup yang kecil ? apakah ada sistem pemberian bunga juga terhadap peminjam uang ? atau kah tidak, seharusnya jika kita melihat prinsip dan azaz koperasi tentunya lebih baik, melakukan simpan pinjam pada koperasi ketimbang di bank, namun itulah karena koperasi merupakan unit lembaga atau badan yang masih cukup kecil , dan semuanya tidak bisa kita lakukan pada koperasi, dalam skala yang kecil mungkin bisa kita lakukan simpan pijam pada koperasi . namun jika dalam skala yang besar kita tetap membutuhkan lembaga keuangan seperti bank . yang pastinya bank ini jika dilihat dalam persfektif islam masih pro dan kontra , maka dari itulah munculah bank-bank syariah yang berpedoman pada syariat islam.
Meski demikian ada juga bank bank yang berbasis syariah namun tetap mengadakan adanya bunga . maka dari itu koperasi ini jika dia mampu mengadakan dana yang besar ini pasti lebih baik, lagi-lagi keterbatasan sumber dana (fund sourch) .
Keberadaan koperasi yang semakin tenggelam, anak muda saat ini semakin tidak mengenal bentuk dan tujuan koperasi. Untuk daerah daerah yang masih menggunakan koperasi unit desa , tentunya ini tidak mudah unutk mengelolanya , karena  banyak faktor intern dan ekstern yang menjadi faktor , apakah koperasi tersebut akan terus berjalan atau tidak, mungkin jikalau tampilan koperasi dibentuk sedemikian rupa seperti indomart , mungkin masyarakat akan tergugah untuk melakukan pembelanjaan di koperasi. Ini artinya apa ?
Koperasi itu jikalau dilihat dari sudut pandang pribadi saya, tergantung pada pengelola koperasi nya itu sendiri, sepintar-pintar mereka untuk mengelola bagaimana caranya agar koperasi didaerah mereka tersebut tetap berjalan . namun memang tidak semudah membalik telapak tanga untuk mempertahankan itu semua . harus ada jiwa kegotong royongan, harus saling membahu antar anggota, bagaimanapun juga salah satu tujuan koperasi adalah untuk menyejahterakan para anggotanya . Jika dalam salah satu tujuan pengurus adalah untuk konsep materialitas, tentu ini tidak akan berjalan , justru inilah yang disebut dengan faktor intern yang membuat koperasi saat ini semakin mundur .
Bagaimanakah sisi perhatian pemerintah terhadap koperasi ? dari pemerintah sendiri sudah menganggarkan untuk dana koperasi , mungkin pihak intern lah yang menyelewengkan dana itu hingga tidak sampai ketujuan , hambatan hambatan sedemikian rupa yang mebuat koperasi lagi lagi menjadi semkain tenggelam akan keberadaannya .
Modal Dalam Perkumpulan Koperasi di dapat dari tiga sumber: Dari anggota-anggotanya sendiri, berupa simpanan simpanan(simpanan pokok, Simpanan wajib, Simpanan   sukarela berjangka) ,Simpanan Pokok, yaitu sejumlah nilai uang tertentu  diwajibkan kepada anggota untuk menyerahkan kepada koperasi pada waktu masuk menjadi anggota. Simpanan pokok adalah simpanan yang sudah ditentukan (dalam anggaran dasar) jumlah dan sama besar-nya bagi setiap anggota. Simpanan pokok ini tidak boleh diambil selama menjadi anggota. Oleh karena itu modal sendiri perlu ditambah dengan simpanan wajib.
Dalam sebuah organisasi mengalami pasang surut sudahla wajar, namun dengan demikian seharusnya para pengurus sudah mengantisipasi ini sebelumnya, maka dari itu dibutuhkannya perncanaan , Meliputi rencana jangka panjang dalam garis besar dan rencana jangka pendek secara terperinci. Rencana merupakan pedoman yang harus dikerjakan, berisikan rencana jelas yang hendak dicapai dengan cara dan tindakan yang akan dijalankan meliputi tenaga manusia, alat-alat fasilitas, dan kebijakan.
Merencanakan adalah memikirkan, menimbang-nimbang, memutuskan dan menentukan apa yang akan dikerjakan, bagaimana dan oleh siapa, supaya dapat mencapai tujuan tertentuatau mendapat hasil tertentu. 
Dan juga dibutuhkannya penyelarasan, Menyelaraskan (keserempakan) semua bagian dalam  koperasi kesatuan tindakan dan dari semua bagian-bagian dalam suatu organisasi.  Koordinasi meliputi kesatuan bersama dari orang-orang, Bahan-bahan alat-alat produksi dan pemasaran, uang   dan lain-lain untuk bekerja secara keseluruhan.
Pengorganisasian (organizing)
    Meliputi pembagian tugas,tanggung jawab dan kekuasaan untuk melaksanakan rencana yang sudah dibuat. Pekerjaan diatur mulai dari pimpinan sampai pada pelaksanaan bawahan menurut bagian dan lapangan masing-masing.
    Jadi mula-mula melaksanakan tugas-tugas memahami tujuan koperasi, s dapat menyerahkan sebagian kekuasaan kepada manajer bagian usaha dan lain-lain. sesudah itu dipikirkan semua kegiatan-kegiatan yang diperlukan untuk mencapai tujuan kemudian menyelaraskan pelaksanaan kegiatan itu kepada saksi-
    seksi atau bagian –bagian yang bersangkutan dalam koperasi. Untuk melaksanakan tugas-tugas kegiatan pengurus.
Penuntun/Pengarahan (Directing)
    Menuntun bagian yang terdapat dalam tanggung jawab pengurus agar dapat diarahkan pada tujuan akhir pada setiap tugas yang diberikan pada bawahan dalam bentuk tertentu harus disertai dengan pengawasan.
    Pengurus/Manajer harus berusaha menjelaskan usaha perseorangan swsuai dengan kemampuan untuk mencapai tujuan. Demikian juga selalu menuntun mengawasi serta memberi tahu hubungan dengan kebijakan program organisasi koperasi .

1 komentar:

  1. Halo Setiap tubuh,

    Nama saya adalah Ibu Monica Roland. Saya tinggal di London Inggris dan saya seorang wanita senang hari ini? dan saya mengatakan kepada diri saya bahwa setiap pemberi pinjaman yang menyelamatkan keluarga saya dari situasi kita miskin, saya akan merujuk setiap orang yang mencari pinjaman kepadanya, dia memberi saya kebahagiaan bagi saya dan keluarga saya, saya sedang membutuhkan pinjaman sebesar $ 250,000.00 untuk memulai hidup saya seluruh karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak-anak saya bertemu takut orang yang jujur ​​dan ALLAH pemberi pinjaman yang membantu saya dengan pinjaman Dolar AS $ 250.000,00, ia adalah seorang ALLAH takut, jika Anda membutuhkan pinjaman dan Anda akan membayar kembali pinjaman silahkan menghubungi dia katakan padanya bahwa Ibu Monica Roland yang merujuk Anda kepadanya. Hubungi Pak James Tulang melalui email: (bestloansfinance02@gmail.com)

    BalasHapus