Kamis, 18 Oktober 2012

ANDAI AKU MENJADI MENTERI KOPERASI


(just for reference)
Manusia adalah seorang khalifah dimuka bumi ini, semua manusia adalah seorang pemimin terutama pemimpin bagi dirinya sendiri, menjadi seorang pemimpin bukanlah perihal yang gampang , kelak kita akan mempertanggungjawabkan kepemimpinan kita kita itu diakhirat kelak. Jika saya diberikan kepercayaan untuk menjadi seorang menteri koperasi maka yang akan pertama kali saya lakukan adalah mengatur pola kepemimpinan saya nanti , kebijakan-kebijakan yang akan saya buat harus sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku dalam tata hukum indonesia juga tidak melanggar aturan agama. Sesuai dengan ajaran agama maka terutama saya akan melakukan ketiga hal yaitu :
1.      Menjadi seorang pemimpin yang amanah , insyaallah bisa dipercaya.
2.      Bila saya menjanjikan suatu hal , maka dengan sesegera mungkin saya akan menepatinya
3.      Dan berkata jujur , sesuai dengan apa yang saya lakukan . apapun yang akan saya katakan sesuai dengan realita yang ada , tanpa mencari eksistensi.
Diera globalisasi saat ini amat sangat susah mencari pemimpin yang melakukan hal demikian , kebijakan kebijakan yang para pemimpin saat ini buat hanyalah untuk mencari eksistensi , untuk memampangkan nama , tapi itu semua tidak dijalankan . pemimpin adalah seorang panutan bagi para rakyatnya nya, jadi bagaimanapun juga dibalik sebuah organisasi yang baik, pasti ada seorang pemimpin yang baik dan juga bijaksana disana. Adapun kebijakan kebijakan yang akan ditetapkan nanti akan merubah persepsi lama mengenai koperasi ini .

 Seandainya saya menjadi menteri koperasi, saya akan merubah sistem koperasi lama yang terbilang cukup jadul menjadi yang lebih baik lagi , contohnya adalah sistem pengelolaan koperasi , sebenarnya kalau dilihat dari tujuan nya koperasi ini sangat membantu keberadaannya untuk masyarakat . karena koperasi ini bukan untuk tujuan komersil , jadi tak ada istilah untuk mendapatkan laba yang besar semuanya atas dasar gotong royong dan juga berkeprimanusiaan.
Bagaimanapun juga , koperasi adalah badan usaha yang hanya ada diindonesia, jadi ini sangat sesuai dengan budaya, azaz, prinsip yang berlaku diindonesia, jadi harus kita lestarikan .
Sebagai menteri koperasi pastinya kita dituntut untuk bertindak bijaksana , adil, tegas, jujur dan berjiwa kepemimpinan . jadi untuk para anggota parlemen koperasi akan saya berikan sanksi bilamana mereka tidak mengerjakan kewajiban mereka seperti sebagaimana mestinya .
Tentunya ini tidak akan mudah bagi saya untuk melanjutkan misi saya bila menjadi seorang menteri koperasi , saya akan memilih orang kepercayaan yang pancasilais, berjiwa gotong royong, bisa diajak bekerja sama, bukan atas imbalan semata , dan juga bisa dipercaya . agar misi ini bisa berjalan sampai daerah daeah terpencil .
Menjadi seorang menteri koperasi , memang kedengarannya agak langka ya? Mungkin juga ada yang baru mendengar , maka dari itu saya akan mengenalkan kepada pembaca bahwasannya menjadi menteri koperasi itu juga harus berjiwa koperasional . janganlah kita bercita-cita hanya karena azaz imbalan yang kita akan peroleh , jangan sampai anda menjadi seorang pengusaha , manager ataupun direktur yang memakan gaji buta, yang hanya menandatangani proposal dan menerima selipan uang atas persetujuan proposal tersebut .
Kemana budaya malu kalian para petinggi ? jangan lah kalian bekerja hanya untuk kepentingan pribadi semata , hanya untuk kepentingan keluarga . mengapa anda diduduk kan pada jabatan tersebut?  itu artinya anda dibutuhkan untuk orang lain, dan anda juga membutuhkan oranglain untuk hidup anda .
Nah , maka dari itu jika seandainya saya menjadi menteri koperasi , saya akan mengajak semuanya untuk bekerja sama saling membahu agar tujuan bersama yang sudah direncanakan diawal bisa kita capai bersama-sama (to achive goal ).
Saya akan mendirikan satu koperasi percontohan didaerah depok , agar daerah lain bisa mengikuti , saya akan ganti tanpilan koperasi lama menjadi koperasi baru yang lebih fresh, tidak kuno. Dengan anggaran yang sesuai tanpa ada potongan ini itu . karena saya rasa gaji saya pun sudah cukup untuk menghidupi saya dan keluarga . dengan gaji sedemikian, saya harus bertanggung jawab , saya tidaj akan hanya menuntut ak tanpa melksanakan kewajiban .
Koperasi itu unik menarik untuk dibahas menurut saya , jikalau kita flash back lagi , kalau kita lihat dari tujuan , azaz prinsip koperasi ini, ini sangat indonesiais. Tidak ada sifat saling memaksa untuk koperasi simpan pinjam . penyitaan barang barang seperti rumah mobil mewah itu tidak akan terjadi .
Menteri koperasi , harus bisa merubah suasana koperasi yang terbilang cukup membosankan menjadi nuansa yang baru , bagaimanpun caranya, nanti saya akan dibantu dewan dewan direksi yang lain .
Tapi sebenranya kalau boleh jujur saya bukan bercita-cita ntuk menjadi menteri koperasi inihanya salah satu alternatif lain. Karena saya juga baru mahsiswa yang baru mengenal juga akan keberadaan koperasi ini .
Saya akan melakuka rekrutmen pemilihan pengurus yang bertanggung jawab , tentunya seklai lagi pemilihan SDM yang berkualitas agar koperasi ini terus bisa berjalan . bila mengadakan rapat saya akan membuat keputusan yang pastinya ini akan mengacu kepada tujuan bersama diawal , saya akan melihat probilitas yang akan terjadi agar saat terjadi pengambilan keputusan ini tidak akan melenceng dari apa yang harusnya dilakukan .
Oleh karenanya sebagai seorang menteri ini lalh yang akan saya lakukan
1.      Kedudukan dan fungsi  sebagai pelaksana di bidang ,usaha dan bertanggung jawab pada pengurus koperasi
2.      Sebagai Pelaksana dari kebijakan pengurus
3.      Menetapkan struktur organisasi dan manajemen koperasi serta menjamin kelangsungan usaha
4.      Dapat bekerja terus selama tidak bertentangan dengan anggaran dasar dan keputusan rapat anggota,sekalipun ada penggantian pengurus
5.      Mengembangkan percaya atas kekuatan dan kemampuan  koperasi sendiri dalam kegiatan-kegiatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar