Kamis, 24 Januari 2013

menjalin komukasi yang baik saat berbisnis .


Apapun caranya, yang paling penting adalah bagaimana cara anda mengkomunikasikan bisnis atau produk anda kepada para calon pelanggan tersebut.
Anda bisa saja menggunakan media cetak atau radio untuk membangun persepsi di benak pelanggan. Tidak masalah juga jika seandainya anda hanya menggunakan cara-cara sederhana seperti menyebar brosur, flyer, ataupun memasang poster di pusat keramaian misalnya. Intinya adalah, pesan yang ingin anda sampaikan harus bisa diterima dengan baik oleh calon pelanggan anda.
Nah sekarang, bagaimana caranya mengkomunikasikan pesan dengan efektif agar persepsi yang ingin anda bangun dapat dengan cepat terbentuk di benak calon pelanggan anda? Bahasa seperti apa kira-kira yang membuat pesan anda mudah dipahami?
Paling tidak, ada enam hal yang harus anda perhatikan dalam mengkomunikasikan pesan kepada calon pelanggan agar persepsi mereka dapat cepat terbentuk.
1. Buat pesan anda sesederhana mungkin
Tujuan anda mengkomunikasikan pesan kepada pelanggan adalah agar mereka dapat dengan cepat memahami informasi yang ingin anda sampaikan kepada mereka. Jika pesan yang anda sampaikan terkesan rumit, banyak bahasa teknis, berat dan lain sebagainya, bagaimana mungkin mereka akan memahami produk yang anda tawarkan kepada mereka? Jika mereka sudah tidak paham, tidak akan mungkin terbentuk persepsi yang anda harapkan pada benak mereka.
Karenanya, gunakan bahasa yang sederhana namun jelas dan dapat dimengerti oleh semua kalangan. Buat slogan yang singkat dan berhubungan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan. Apakah bahasa yang anda gunakan dapat dimengerti oleh orang dewasa? Bagaimana dengan para lansia? Apakah kaum remaja atau anak-anak juga bisa dengan mudah memahami pesan yang hendak anda sampaikan? Komunikasikan pesan anda sesederhana mungkin dan menjangkau semua kalangan!
2. Fokuskan pada gaya hidup mereka
Dengan menawarkan produk anda kepada para pelanggan, tentu yang pertama kali dipikirkan oleh para pelanggan adalah apa manfaat produk itu bagi mereka?
Produk anda harus mempunyai manfaat yang nyata terhadap kehidupan mereka. Apakah produk tersebut mampu memecahkan masalah sehari-hari yang mereka hadapi misalnya? Atau apakah produk anda bisa meningkatkan karir mereka? Atau mungkin produk yang anda tawarkan bisa memberikan mereka penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan yang mereka terima sekarang?
Berikan manfaat yang nyata dan masuk akal!
3. Tekankan pada nilai yang ditawarkan
Apa maksudnya? Maksudnya adalah jangan terlalu membombardir pelanggan anda dengan informasi-informasi yang lebih bersifat teknis. Secukupnya saja. Mungkin porsinya sekitar 15%. Selebihnya tekankan nilai yang anda tawarkan kepada mereka.
Microsoft awalnya menawarkan solusi PC yang murah dibanding Appledengan kualitas yang sama. Subway menawarkan sandwich yang besar hanya seharga $5. Hypermart, Giant ataupun Carrefour menawarkan suasana berbelanja yang nyaman dengan harga yang bersaing. Honda danYamaha menawarkan sepeda motor yang kuat dan irit. Semua merk diatas menawarkan sebuah nilai kepada pelanggannya.
Sebuah nilai yang baik mampu memberikan kualitas emosional kepada para pelanggannya. Sebuah nilai yang baik mampu memberikan rasa aman, rasa pintar, atau bahkan rasa nyaman yang dirasakan oleh para pelanggan yang menggunakan produk-produk tersebut.
Karenanya, tekankan nilai yang anda berikan kepada pelanggan anda. Dengan begitu, persepsi produk anda akan kuat tertanam di benak mereka. Sekarang, nilai seperti apa yang anda berikan?
4. Ceritakan pengalaman orang lain
Biasanya, orang akan lebih mempercayai pengalaman orang lain yang telah memakai produk anda sebelumnya. Nah, ceritakan pengalaman para pelanggan anda yang telah menggunakan serta merasakan manfaat dari produk yang anda tawarkan. Tunjukkan kepada mereka orang-orang yang telah ataupun sedang menggunakan produk anda. Dalam banyak hal, cerita jauh lebih efektif untuk membentuk persepsi pelanggan.
5. Gunakan kalimat yang menyentuh emosi
Anda pernah mengenal yang namanya Copywriting? Secara singkat, copywriting bisa diartikan sebagai kegiatan menulis yang bertujuan untuk memasarkan dan mengiklankan produk, orang, pendapat, ide dan lain sebagainya dengan menggunakan kata-kata serta ide yang persuasif. Disini kemampuan copywriting yang baik dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah komunikasi yang memikat dan persuasif.
Pelanggan akan lebih cepat mengingat pesan yang anda sampaikan jika menggunakan bahasa yang bersifat membujuk, menyemangati, memotivasi, menggembirakan dan lain sebagainya.
Copywiting yang baik akan menghasilkan pesan yang memukau dan mampu memberikan kesan yang mendalam pada benak pelanggan. Karenanya, rancanglah strategi komunikasi anda sedemikian rupa agar bisa menghasilkan pesan yang memikat para pelanggan.
6. Terus lakukan komunikasi
Jika produk anda ingin selalu berada di depan peta persaingan dan menancap kuat di benak pelanggan, sudah sepatutnya komunikasi yang intensif terus anda lakukan terhadap pelanggan anda.
Galilah terus ide-ide baru dari mereka. Tanyakan pendapat mereka tentang produk saingan anda misalnya. Ajak mereka untuk berpartisipasi dalam pengembangan produk lainnya. Intinya anda harus terus melakukan komunikasi secara berkesinambungan dengan pelanggan anda agar dapat tetap mengetahui keinginan mereka.
Dengan berpatokan pada hal tersebut diatas, anda akan mampu mengkomunikasikan pesan yang anda kehendaki kepada pelanggan dengan efektif dan jelas. Dan jika pesan sudah bisa diterima dengan baik oleh pelanggan anda, secara otomatis persepsi juga akan terbentuk dengan cepat di benak mereka.

semoga bermanfaat :)

Masalah-Masalah Ekonomi Di Indonesia !!!


kali ini saya akan membahas sedukit permasalahan mengenai masalah ekonomi yang terjadi diindonesia . Indonesia merupakan negara yang kaya. Namun harus diakui bahwa masih banyak sumber daya milik Indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal atau bahkan malah justru pihak asing yang berhasil mengeksploitasi kekayaan alam Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu masalah ekonomi Indonesia. Berikut ini adalah beberapa masalah ekonomi Indonesia yang lain:

1. PENGANGGURAN
Ini merupakan masalah klasik yang belum juga terselesaikan secara tuntas. Dari tahun ke tahun jumlah pengangguran di Indoensia semakin bertambah. Upaya pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja belum bisa menyelesaikan masalah ini.

2. EKONOMI BIAYA TINGGI
Ini juga merupakan masalah klasik di dunia industri. Ada banyak hal yang menyebabkan biaya produksi menjadi tinggi. Diantaranya adalah pungutan liar / pungli yang tidak hanya dilakukan secara sembunyi-sembunyi namun tidak jarang dilakukan secara terbuka

3. REGULASI EKONOMI
Beberapa kali pemerintah mengeluarkan keputusan mengenai regulasi ekonomi yang dianggap tidak tepat bagi kondisi perekonomian Indonesia. Contohnya adalah keputusan pemerintah untuk masuk dalam anggota CAFTA yang sekarang ini mengakibatkan membanjirnya produk China di Indonesia sehingga membuat produk lokal kepayahan di pasar sendiri

4. KELANGKAAN BAHAN POKOK
Operasi pasar yang sering dilakukan pemerintah disaat harga bahan pokok mulai beranjak naik bisa dipastikan tidak membantu menyelesaikan masalah ini. Kelangkaan bahan pokok memang merupakan masalah yang sangat sering terjadi di wilayah luar jawa karena alasan teknis seperti transportasi. Namun menjelang puasa, lebaran, dan natal bisa dipastikan wilayah jawa juga mengalami masalah yang sama

5. TINGGINYA SUKU BUNGA PERBANKAN
Suku bunga merupakan salah satu indikator sehat / tidaknya kondisi perekonomian Indonesia. Suku bunga yang terlalu tinggi ataupun yang terlalu rendah akan sangat mempengaruhi perekonomian.

6. TINGGINYA NILAI INFLASI
Nilai inflasi akan sangat berpengaruh bagi kondisi perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri nilai inflasi tergolong tinggi sehingga banyak masalah ekonomi susulan yang terjadi karena inflasi ini. Selain itu, inflasi di Indonesia sangat 'sensitif' mudah sekali naik. Misalnya  walaupun hanya dipengaruhi oleh tingginya harga cabai rawit beberapa waktu yang lalu

Kesehatan itu penting :)


Kesehatan itu penting. Kalimat seperti judul diatas sudah diketahui banyak orang dan sering diucapkan, tapi masalahnya sangat sedikit yang mempraktekan dalam sikap dan praktek kehidupan sehari-hari. Buktinya, walau sudah ada pengumuman disetiap kemasan rokok bahwa merokok itu menyebabkan kanker tapi nyatanya bermilyar-milyar rupiah setiap tahun dibelanjakan rakyat Indonesia membeli rokok.
Dan salah satu penyebabnya adalah standar ganda dari pemerintah. Sementara pemerintah (Departemen Kesehatan) melakukan kampanye anti rokok, departemen lain mendukung atau memberikan izin pabrik rokok. Mengkampanyekan anti rokok, tapi dibalik itu tergiur juga dengan cukai rokok yang lumayan besar jumlahnya.
Sama halnya dengan minuman keras yang dianggap berbahaya ditinjau dari berbagai sudut sehingga sering di razia, tapi pada sisi lain ada agen minuman keras yangmenjadi pemasok . Kalau pun diterbitkan Perda larangan menjual minuman keras maka ditaktisi, misalnya tidak boleh menjual minuman keras ditempat yang jarak sekian ratus meter dari sekolah, kampus, rumah ibadah, tidak boleh di konsumsi oleh anak di bawah umur dan oleh PNS dan anggota TNI. Sekali lagi, sebagai langkah moderat. Mengakomodir banyak kepentingan. Ada kepentingan pedagang, ada kepentinagan retribusi ada kepentingan pendapatan daerah dan ada kepentingan mereka yang mengkonsumsi minuman keras.
Saya bertamu dirumah seorang teman. Kami bincang-bincang banyak hal. Namanya saja ngobrol mengisi waktu senggang. Topik pembicaraan meloncat-loncat dari satu topik ke topik lain. Ketika sampai ke topik kesehatan, teman saya mengatakan sama dengan judul tulisan ini, kesehatan itu penting.
Sepintas lalu saya melihat dia itu memang sehat. Warna kulitnya cerah, badannya tegap. Dia sudah lama ridak merokok. Katanya dulu sampai menghabiskan tiga bungkus rokok sehari.
Teman saya masuk dalam kamar mengambil alat seperti yang dimiliki dokter, alat pemeriksa jantung, tekanan darah.
“Ini saya beli dua juta rupiah. Mari bapak saya periksa. “ Demikian katanya kemudian memegang pergelangan tangan saya dan melilitkan kain yang panjangnya kira-kira satu jengkal di lengan saya . Saya sekarang setengah dokter.” Katanya sambil tertawa .
Saya pun membiarkan saja. Kan lumayan. Seumur hidup saya belum pernah diperiksa gratis begini. Kalau ke dokter pasti melayang puluhan ribu rupiah.
“Bapak sehat, normal. Tekanan darah normal dan jantung pun normal. Pokoknya kalau ada merasa ndak enak badan, datang saja ke sini atau kontak saya. “ Katanya.
Saya salut dengan teman saya itu. Dia mengatakan kesehatan itu penting dan hal itu dia buktikan dalam praktek. Ada juga yang mengatakan bahwa kesehatan itu penting, tapi tak sekali pun saya melihat dia olah raga, minimal jalan pagi, misalnya. Ada juga yang mengatakan bahwa kesehatan itu penting, tapi dia tidak bisa menahan nafsu makan enak. Padahal sudah sering dikatakan dokter bahwa makan enak, makan berlebihan itu adalah tidak baik bagi kesehatan.
Ada seorang bapak yang susah diatur, tak mau mendengar nasihat dokter. Setiap dia kembali berobat dari dokter, langsung saja dia menyuruh isterinya ke pasar membeli semua makanan yang baru dilarang dokter. Kalau dokter melarang makan asam, maka dia suruh membeli mangga muda dalam jumlah banyak. Kalau dokter larang makan lombok, maka dia suruh beli satu l;iter lombok. Kalau dilarang merokok, maka dia pacu lebih cepat merokok. Kalau biasa sehari menghabiskan satu bungkub rokok, dia perbanyak dengan menghabiskan dua bungkus.
Diceritakan teman saya, yang mengherankan, sebab ternyata bapak itu itu sehat waalfiat sampai sekarang. Umurnya sekarang sudah 70-an tahun.
Tapi, mohon dengan sangat kepada pembaca jangan meniru bapak yang yang tak percaya nasihat dokter itu . Boleh jadi, kasus bapak itu sebuah pengecualian.Kan ada bukti bahwa orang perokok berat sejak usia muda tapi ternyata dia itu mencapai umur 80-an dengan tetap sehat waalfiat. Sekali lagi, mungkin saja itu adalah pengecualian. Tak layak jadi contoh. ***

Mengapa Motivasi Penting ?


Motivasi merupakan hal yang penting untuk kita , karena dengan motivasi maka kita akan terus semangat dalam segala aktivitas . lalu bagaimana cara kita unutk memeperoleh motivasi? Caranya adalah dengan mencari sesuatu hal yang bisa membuat kita bersemangat, entah itu orang tua , sahabat , atau sebuah lagu yang membuat kita bersemnagt atau dalam artian termotivasi sehingga segla sesuatu nya akan dikerjakan dengan sepenuh hati sehingga memeperoleh hasil yang maksimal, dalam kebanyakan kasus terutama para muda saat ini biasanya dengan mendengarkan sebuah lagu yang menurut mereka, membuat mereka bersemangat dan bangkit saat mendengarkan lagu itu . nada-nada dalam sebuah alunan lagu terkadang membuat pendengarnya seakan berada pada keadaan tersebut contohny lagu mellow , maka saat kita mendengarkan tersebut kita seolah sedang merasakan suasana yang lembut yang penuh kasih sayang, begitupun dengan lagu yang gembira kita merasakan kegembiraan pada lagu tersebut . tetapi pada hakikatnya bagi seseorang yang berganutng pada lagu sebagai motivatornya , maka ini tidak akan bertahan lama, karena seorang  cenderung merasa bosan ketika melakukan hal yang sama setiap harinya.
Motivasi yang lain adalah dengan bermimpi, dengan mimpi yang tinggi maka kita akan terus bekerja keras penuh semangat dalam menjalan suatu aktivitas , ketika kita feeldown maka dengan mengingat mimpi-mimpi kita yang tinggi maka kita kembali untuk bersemangat. Dan banyak hal lainnya yangbisa membuat kita termotivasi . biasanya kerabat dekat menjadi motivator utama dalam hidup kita , ntah itu keluarga , sahabat kerabat juga lingkungan , kita yang hilang . 

Jangan pernah putus asa !!


Hidup itu bagaikan air laut yang mengalami pasang surut , saat sedang mengalami kegagalan jangan mudah berputus asa, karena dalam sebuah ayah dalam alquran dinyatakan “orang yang berputus asa adalah orang kafir yang tidak percaya dengan Allah”. Begitupun saat megalami masakejayaan jangan lupa bersyukur terhadap tuhan bisa jadi nikmat itu adalah musibah untuk menguji keimanan hambaNya . saat mengalami hal-hal menjatuhkan maka bersegeralah bangkit dengan melakukan hal-hal positif mulai lah dengan merancang ide-ide baru agar hari ini tidak sama dengan hari kemarin. Seorang yang hari ini sama atau bahkan lebih buruk dari kemarin adalah orang-orang yang merugi. Segeralah bergegas kepada hidup yang lebih kuat yang lebih matang , dengan penuh semangat. Bukan malah terus merasa terpuruk atas yang menimpa kita .
Tip-tips agar hidup penuh dengan semangat :
1.     Bertemanlah dengan orang-orang yang penuh dengan semangat
2.     Lakukan segala sesuatu dengan semngat dengan optimis
3.     Fikirkanlah masa depan gemilang , bukan malah takut takut dan takut
4.     Ingatlah jasa kedua orang tua yang telah membesarkan dan menuntutkan kita sampai dengan pendidikan kejejnjang yang tinggi , maka dengan hal ini kita akan terus termotivasi , agar terus menjadi mood agar selalu semangat.
5.     Jangan lupa berdoa kepada Tuhan, dekatkan diri kepada Tuhan, karena hamba yang dekat Tuhan nya tidak akan pernah merasa bosan, jenuh , kecewa, putus asa dan pesimis dengan hasil berapapun karena pasti Tuhan memberikan yang terbaik untuk hamba-hambanya yang sennatiasa mengingatNya.

Gambaran prilaku mahasiswa saat ini .


Maha berarti besar dan siswa berarti pelajar , berarti majasiswa itu adalah tingkatan tertinggi untuk seorang siswa , artinya adalah baik pola fikir , prilaku (attitude) , perangai , ucapan, perkataan semuanya berbeda dengan siswa. Tetapi kebanyakan saat ini justru mahasiswa lebih kurang ngajak dibandingkan dengan siswa sekolah dasar. Gaya berbicara , perkataan yang dilontarkan , maupun prilaku yang dilakukan tidak sama sekali mencerminkan pengggambaran seorang mahasiswa. Ini berawal dari pengalaman saya sendiri , kira-kira pukul 21:00 saya sedang mengerjakan tugas stay didepan laptop dikamar kosan saya. Tiba-tiba ibu kosan berteriak-berteriak memanggil semua penghuni kamar agar keluar sekarang juga. Saya terkaget , ada apa ini fikir saya , dan ibu kosan menanyakan pada kami semua , apakah ada seorang yang masuk kosan naik kelantai atas ? karena saya dan semua penghuni sedang dikamar kami menjawab kami tidak tahu , spertinya tidak ada . karena pintu kamar pun tidak ada suara terbukanya . penghuni 32 kamar semuanya keluar . karena ada suatu masalah . ada seorang ibu2 yang mencari seorang seorang wanita remaja bersikap tidak sopan dijalan raya . jalan ditengah jalan raya , sedangkan ibu tersebut membawa kendaraan sehinga tidak dapat lewat . dan ketika ditegur justru wanita remaja itu malah semakinmengeluarkankata-kata yang tidak seharusnya seorang mahasiswa mengatakan hal itu . nah begitulah gambaran mahasiswa saat ini , sudah amat sangat jarang yang memperhatikan etika , merasa sudah dewasa bertindak bagaikan seorang yang tidak sekolah . yang tidak pernah diajarkan sopan santun.
Wahai kawan-kawan ku yang sedang menyandang gelar mahasiswa saat ini, ayolah kita menjadi generasi muda yang membina akhlak dan prilaku yang mulia , bukan malah berbuat dan berkata tidak senonoh , malulah terhadap siswa sekolah dasar yang lebih good attitude ketimbang kita J

Rabu, 23 Januari 2013

bagaimana mimpi menurut pandangannya ?


Seperti diketahui, mimpi ada yang baik dan yang buruk. Kemudian, dilanjutkan 
dengan kaidah umum dalam menafsirkan mimpi, seperti adab tafsir mimpi, waktu dalam menafsirkan mimpi, mimpi yang boleh diyakini, hal-hal prinsip dalam menafsirkan mimpi, serta menafsirkan mimpi berdasarkan watak, waktu, dan keadaan. Permasalahan lainnya yang dibahas adalah kedudukan roh dan jiwa saat mimpi, cara menafsirkan mimpi berdasarkan nama, makna dan bahasa yang digunakan, mimpi yang benar, dan hal-hal yang harus dilakukan saat bermimpi tentang sesuatu yang tidak baik atau mimpi buruk. Terdapat juga penjelaskan adab menafsirkan mimpi dan membedakan antara mimpi yang baik dan buruk. Pada hakikatnya, mimpi adalah deretan dari gambaran mental yang saling bertalian dan berlangsung selama orang tidur. Memahami mimpi hanya sebagai akibat dari pengaruh mekanisme fisik dan  cermin dari gejala psikologis (kejiwaan) yang dialami seseorang semata. Suatu  kepribadian adalah paduan kompromi dari  inner-life  dengan dunia luar. Dengan demikian  mimpi merupakan bukti adanya dimensi innate religious, atau kesadaran beragama yang bersifat bawaan, sebab mimpi-mimpi yang digambarkan oleh menusia  dahulu hingga modern sekarang ini tetap menggambarkan paradigma pskologis tentang hubungan manusia dengan alam spiritual. Melalui analisa mimpi dari berbagai  aspek psikologinya, dapat disimpulkan bahwa adanya kekuatan-kekuatan terpendam yang bersifat religius yang memanifestasi berupa bentuk-bentuk memuliakan, mensakralkan sesuatu di dalam kehidupan manusia.



Apakah Indonesia tergolong bangsa bodoh?Ketiga, bangsa pejuang. Termasuk bangsa jenis ini antara lain Jepang, Singapura, dan Swiss. Jepang adalah negeri dengan SDA terbatas. Sebagian besar wilayahnya merupakan pegunungan dan hanya sedikit lahan yang bisa ditanami tetumbuhan produktif. Selain itu, 64 tahun silam—bersamaan dengan Indonesia memproklamirkan kemerdekaannya—negeri ini juga sempat terpuruk akibat dibom atom oleh tentara Sekutu. Namun, dengan semangat juang yang kuat, keterbatasan SDA dan kekalahan dalam Perang Dunia justru menjadi “titik balik” bagi bangsa Samurai untuk meraih kejayaannya. Dan kini, Jepang tampil sebagai raksasa ekonomi dunia di bidang otomotif dan elektronik. Adakah penentu lain kesuksesan itu di luar faktor kualitas dan mentalitas bangsanya? Keempat, bangsa superstar, tak lain adalah bangsa yang bermentalitas (SDM) unggul sekaligus kaya SDA. Kekayaan alam dipadu penguasaan IPTEK yang sempurna serta etos kerja dan kepercayaan diri yang kuat menjadikan bangsa superstar tampil dominan di jagat internasional. Inilah bangsa avant garde yang memegang pengaruh besar di segala ranah kehidupan antar-bangsa. Negara-negara maju di belahan Amerika dan Eropa—seperti Amerika Serikat, Kanada, Jerman, Prancis, atau Inggris, juga China di Asia—termasuk bangsa superstar.

MIMPI INDONESIA


Membicarakan mengenai sistem birokrasi ? gak banget deh.. birokrasi indonesia itu butut tut tut . giliran ada RUU yang bisa menguntungkan para pejabat, dengan mereka mengesahkan nya , tetapi jika terkait dengan undang-undang yang akan membuat indonesia bangkit, ma ka para penguasapun malas untuk mengesahkan , diulur-ulur, unutk biaya reparasi toilet saja samapai 500juta apa yang dibenahi sih.. wahai bapak ibu pejabat, untuk membeli keset 2 miliyar , sungguh amat sangat tidak  masuk akal , indonesia kehabisan orang-orang yang bertangggung jawaab , semuanya hanya sikut menyikut, sikut sana sikut sini , koreupsi bergroup , saling ditutup-tutupi bagaiman negara ini tidak akan bobrok , semuanya berlomba unutk duduk menjadi anggota pejabat negara , agar terpandang agar terlihat wah.. masya Allah indonesia, tidak adakan par pengurus negar yang benar-benar tulus mengabdi kepada negara? Seperti presiden Soekarno dan Soeharto dulu ??? itulah mimpi indonesia, memimpikian para pemimpin negara yang benar-benar berjiwa pemimpin , bukan berjiwa pemimpi .

Indonesia Butuh Nasionalis !!!


Indonesia butuh  pemimpin yang berjiwa nasionalis , bukan hanya saja gelar yang sepanjang jembatan suramadu, tetapi tidak memiliki kepedulian terhadap negaranya , benar apa yang dikatakan oleh dosen saya , lebih memilih presiden yang bodoh tetapi berjiwa nasionalis dari pada pintar tapi juga pintar ngibuli rakyat , pintar untung meraih keuntungan dirinya dan keluarganya , taukah bahwasannya tangung jawab seorang presiden itu berat ? maka janganlah kalian para kandidat yang menyalonkan diri menjadi kepala negara ini, hanya kalian punya masa apalagi hanya karena kalian punya banyak kekayaan untuk sogok sana sogok sini , ingat lah wahai para calon pemimpin seorang pemimpin itu bukan hanya modal tampang , masa, kekayaan, tapi integritas anda-anda itu wahai para pejabat, mengapa kalian harus memperebutkan kursi presiden . presiden itu mengemban tugas yang berat . menjadi bupati untuk sebuah daerah saja sudah berat apalagi presiden , indonesia ini bukanlah terdiri dari pulau bali saja . untuk masalah ibukota nya saja tidak kelar-kelar , sudah ada presiden yang bekerja disana dibantu oleh gubernur dan bupati juga . tetapi apa hasilnya , saat hujan volume air tidak ada yang memikirkan akan ditampung diman air-air hujan ini, akhirnya banjir pun menjadi hal yang biasa untuk daerah ibu kota yang kita bangga-banggakan tersebut, saat kemarau kekurangan air , pembangunan gedung-gedung tinggi tidak ada yang memakai proporsi takaran pembangunan, yang ada hanyalah kemewahan kemewahan dan kemewahan. Untuk calon pemimpin indonesia yang baru saya menghimbau kalian jangan menjadikan kedudukan ini sebagai untuk meningkatkan popularitas kalian dimata negara dan dunia. Jika memang secara teknis, fisik , mental , dan batin akan tidak mampu mundurlah saja, daripada uang kalian habis terbuang sia-sia belum tanggung jawab kalian terhadap Tuhan..